RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL
(RAT)
Nama Mata kuliah : Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah / SKS : PGSD 4105
/ 3 SKS
Nama Pengembang : Dra. Nur Khafifah, M.Hum
ID Tutor : 41001861
Semester : 2 (Dua)
Masa Registrasi : 2012.2
Deskripsi Singkat Mata Kuliah : Mata kuliah ini membahas tentang Personal
information and introduction, jobs and routines, family relationships, telling
time and telephone
communication, food and
maoney, transportation, leisure activities, clothing and fabrics, learning and
schooling.
Kompetensi
Umum : Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi lisan maupun tulis
sederhana dalam bahasa inggris dengan menggunakan bahasa formal maupun
tidak formal seperti menjalankan
identitas diri, pekerjaan dan rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui
telepon, makanan dan uang,
transportasi, waktu santai, jenis-jenis
pakaian dan bahan, dan belajar dari sekolah.
NO
|
Kompetensi Khusus
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Model Tutorial
|
Tugas Tutorial dan
Bobot Nilai
|
Estimasi Waktu
|
Dafttar Pustaka
|
Tutorial Ke
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Mahasiswa dapat
menggu nakan ungkapan2 untuk memberi salam dan memper kenalkan diri sendiri
dan orang lain yang meliputi nama, alamat nomor tele pon, tempat dan tanggal
lahir (umur) suku bangsa atau
kebangsaan, pendidi kan, dan status perkawinan
Mahasiswa
dapat menggunakan fungsi
bahasa yang digunakan untuk menjelas pelajaran dan rutinitas sehari-hari
dalam bentuk simple present tense, past tense, dan future tense
Mahasiswa
dapat menggunakan fungsi
bahasa yang digunakan untuk menjelaskan hubungan keluarga
Mahasiswa
dapat menggunakan fungsi
bahasa yang digunakan untuk menjelaskan waktu termasuk hari, tanggal bulan,
tahun dan musim, dan untuk berkomunikasi melalui telepon
Mahasiswa
dapat menggunakan bahasa
yang berfungsi dalam situasi: berbelanja keperluan sehari-hari atau makanan,
penggunaan uang dalam berbelanja, dan makan di restoran
Mahasiswa dapat
menggunakan fungsi bahasa untuk berkomunikasi tentang transportasi, baik
transportasi lokal maupun luar kota.
Mahasiswa
dapat menggunakan
ungkapan-ungkapan untuk menjelaskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam
waktu luang
Mahasiswa dapat
menggunakan ungkapan-untuk menjelaskan tentang pakaian dan bahan pakaian dan
perlunya sekolah dan belajar
|
Personal
information dan Introduction
Jobs and
routines
Family
relationships
Telling time
and telephone communication
Food and money
transportation
Leasure
activities
·
Clothing
and fabrics
·
Schooling
and learning
|
·
Greetings
(myself)
·
Give
self identification dan personal information
·
Introduction
oneself and others
·
States
of being/feeling
·
Jobs
(professions)
·
Daily
routines
·
Members
of immediate family
·
Describing
the mem bers of the family
·
Extended
family
·
Telling
the time in minutes and hours
·
Identify
period of time in days, months, years and season
·
Telling
activities in relation with the time: present continuous tense, present
perfect and present perfect continuous tense,
·
Telephon
communi cation
·
Shopping
for food:su-permarket
·
Shopping
for food: traditional market
·
At
the restaurant
·
Local
transportation
·
Asking
for and giving direction
·
Out-of-town
transportation
·
Sports
and hobbies
·
What sports are good for kids?
·
Clothes:
what do we wear everyday?
·
Buying clothes: cash or credit?
·
Having
a complaint
·
Why
schooling is important for children
·
The
necessity of compulsory education
·
Learning:
what and how? Concept and discussion
|
Praktek
Index card match
Card sort
jigsaw
Praktek
Tim Quiz
Card sort
Card match sort
|
Tugas I:
Mengarang
kegiatan sehari-hari dalam B.inggris
Bobot nilai 70 - 100
Tugas II
Membuat silsilah keluarga dalam bahasa Inggris
Bobot nilai 70
-100
Tugas III
Membuat karangan dalam bentuk daftar menu
Bobot nilai 70
- 100
|
120 menit
120
menit
120 menit
120 menit
120 menit
120 menit
120 menit
120 menit
|
·
Darminah,Susu
Dwi Antoro,Yan Haryanto 2011,
B. Inggris untuk guru SD, Jakarta, pener bit Universitas terbuka
·
Hasan Sadhli
Kamus B. Inggris
·
Darminah,Susu
Dwi Antoro,Yan Haryanto 2011,
B. Inggris untuk guru SD, Jakarta, pener bit Universitas terbuka
·
Hasan Sadhli
Kamus B. Inggris
·
Darminah,Susu
Dwi Antoro,Yan Haryanto 2011,
B. Inggris untuk guru SD, Jakarta, pener bit Universitas terbuka
·
Hasan Sadhli
Kamus B. Inggris
·
Darminah,Susu
Dwi Antoro,Yan Haryanto 2011,
B. Inggris untuk guru SD, Jakarta, pener bit Universitas terbuka
·
Hasan Sadhli
Kamus B. Inggris
·
Darminah,Susu
Dwi Antoro,Yan Haryanto 2011,
B. Inggris untuk guru SD, Jakarta, pener bit Universitas terbuka
·
Hasan Sadhli
Kamus B. Inggris
·
Darminah,Susu
Dwi Antoro,Yan Haryanto 2011,
B. Inggris untuk guru SD, Jakarta, pener bit Universitas terbuka
·
Hasan Sadhli
Kamus B. Inggris
·
Darminah,Susu
Dwi Antoro,Yan Haryanto 2011,
B. Inggris untuk guru SD, Jakarta, pener bit Universitas terbuka
·
Hasan Sadhli
Kamus B. Inggris
·
Darminah,Susu
Dwi Antoro,Yan Haryanto 2011,
B. Inggris untuk guru SD, Jakarta, pener bit Universitas terbuka
·
Hasan Sadhli
Kamus B. Inggris
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
PETA
KOMPETENSI
Pendidikan
Bahasa Inggris untuk Guru SD/PDGK 4105/3 sks
TIU 2
Mahasiswa diharapkan dapat
menggunakan fungsi bahasayang digunakan untuk menjelaskan pekerjaan dan
rutinitas sehari-hari dalam bentuk simple present tense, past tense dan
future tense
|
TIU 4
Mahasiswa diharapkan dapat
menggunakan fungsi bahasayang digunakan untuk menjelaskan waktu termasuk
hari, tanggal bulan, tahun dan musim, dan untuk berkomunikasi melalui
telepon
|
TIU 6
Mahasiswa diharapkan dapat
menggunakan fungsi bahasa yang untuk berkomunikasi tentang transportasi,
baik transportasi lokal, maupun luar kota
|
TIU Mata Kuliah: setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan
dapat berkomunikasi lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa inggris
dengan menggunakan bahasa formal maupun tidak formal seperti menjelaskan
identitas diri, pekerjaan dan rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi
melalui telepon, makanan dan uang, transportasi, waktu sanatai, jenis-jenis
pakaian dan bahan dan belajar dan sekolah
|
Mahasiswa diharapkan dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk
menjelaskan perlunya sekolah dan belajar
|
Mahasiswa diharapkan dapat menggunakan ungkapan untuk
menjelaskan tentang pakaian dan
bahan pakaian
|
Mahasiswa diharapkan dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk
menjelaskan kegiatan kegiatan yang dilakukan dalama waktu luang
|
TIU 1
Mahasiswa diharapkan dapat menggunakan
ungkapan-ungkapan untuk memberi salam dan memperkenalkan diri sendiri dan
orang lain yang meliputi nama, alamat, nomor telepon, tempat & tanggal
lahir (umur), suku bangsa atau kebangsaan, pendidikan dan status perkawinan
|
TIU 5
Mahasiswa diharapkan dapat
menggunakan bahasa yang berfungsi dalam situasi: berbelanja keperluan
sehari-hari atau makanan, penggunaan uang dalam berbelanja dan makan di
restoran
|
TIU 3
Mahasiswa diharapkan dapat
menggunakan fungsi bahasa yang digunakan untuk menjelaskan hubungan keluarga
|
SATUAN
ACARA TUTORIAL ( SAT
)
Tutorial ke : 1 (satu )
Kode / Nama Mata Kuliah : PDGK 4304 / Bahasa Inggris untuk guru
SD
SKS :
3 SKS
Nama Pengembang : Dra. Nur Khafifah, M.Hum.
ID Tutor :
41001861
Kompetensi Umum : Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi
lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa
formal maupun tidak formal seperti menjelaskan identitas diri, pekerjaan dan
rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang,
transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dan
sekolah
Kompetensi Khusus : Mahasiswa
diharapkan dapat berkomunikasi lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa inggris dengan
menggunakan bahasa formal maupun tidak
formal seperti menjalankan identitas diri, pekerjaan dan rutinitas, hubungan
keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang, transportasi, waktu
santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dari sekolah.
Pokok Bahasan : Personal information dan Introduction
Sub Pokok Bahasan :
1. Greeting (myself)
2. Give self identification dan personal
information
3. Introduction oneself and others
4. States of being/feeling
NO
|
Tahapan
|
Rincian kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
1.
Mempersiapkan
SAT dan RAT
2.
Menyusun
bahan ajar power point
3.
Menyiapkan
alat peraga
|
||
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Mengabsen mahasiswa
2. Memperkenalkan identitas diri
3. Menyampaikan tujuan tutorial
|
Daftar hadir
Tutorial
|
10 menit
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
1.
Pemaparan prosedur
Introduction dengan cara mempraktekaknya
di depan kelas.
2.
Mempraktekan introduction secara individu dengan menggunakan speaker active dan
Mic
3.
Mempraktekkan
dialog introduction lewat telepon
4.
Mengevaluasi
dialog introduction yang salah
|
Modul
Pembelajaran Bahasa Inggris, power
point, LCD Proyektor,
Laptop
Speaker active,
Mic
|
100 menit
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
1. Supervisor
menyampaikan resume orientasi
2. memberi pemantapan
hasil kegiatan selama tutorial
3. Menugaskan
tiap mahasiswa untuk mengarang kegiatan sehari-hari dengan
b.inggris
|
10 menit
|
SATUAN
ACARA TUTORIAL ( SAT
)
Tutorial ke : 2 (Dua )
Kode / Nama Mata Kuliah : PDGK 4304 / Bahasa Inggris untuk guru
SD
SKS :
3 SKS
Nama Pengembang : Dra. Nur Khafifah, M.Hum.
ID Tutor :
41001861
Kompetensi Umum : Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi
lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa
formal maupun tidak formal seperti menjelaskan identitas diri, pekerjaan dan
rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang,
transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dan
sekolah
Kompetensi Khusus : Mahasiswa dapat
menggunakan fungsi bahasa yang digunakan untuk menjelas pelajaran dan rutinitas
sehari-hari dalam bentuk simple present tense, past tense, dan future tense
Pokok Bahasan : Jobs and routines
Sub Pokok Bahasan : 1. Jobs (professions) 2.
Daily routines
No
|
Tahapan
|
Rincian kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
1.
Mempersiapkan
SAT dan RAT
2.
Menyusun
bahan ajar power point
3.
Menyiapkan
alat peraga
|
||
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Mengabsen mahasiswa
2. Menanyakan tugas kegiatan rutinitas
dalam b inggris
3. Menyampaikan tujuan tutorial
|
Daftar hadir
Tutorial
|
10 menit
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
Pembahasan materi menggunakan model pembelajaran index card match
Langkah 1 : Supervisor
memberi tahu tentang cara pembelajaran dengan model index card match
Langkah 2 : Tiap Mahasiswa ada yang diberi kartu bertuliskan present, past, future tense ada yang diberi kartu yang
bertuliskan kalimat tentang
present,past, future tense .
Langkah 3
: Tiap mahasiswa saling mencari pasangan antara kartu yang bertuliskan dengan present, past, future tense ada yang diberi kartu yang
bertuliskan kalimat tentang
present,past, future tense .
Langkah 4 : Mahasiswa
yang sudah mendapatkan pasanganya kemudian mempresentasikan dengan kalimat tentang present,past, future tense dan menyebutkan
satu persatu
Langkah 5 : Evaluasi bagi yang jawabannya salah
|
Modul Pembelajaran Bahasa Inggris , power point LCD, Proyektor, Laptop, kartu present, past, future tense ada yang
diberi kartu yang bertuliskan kalimat
tentang present,past, future tense
|
100 menit
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
1. Supervisor
menyampaikan resume orientasi
2. memberi pemantapan
hasil kegiatan selama tutorial
3. Menugaskan tiap mahasiswa untuk membuat silsilah keluarga dengan b.inggris
|
10 menit
|
SATUAN
ACARA TUTORIAL ( SAT )
Tutorial ke : 3 (Tiga )
Kode / Nama Mata Kuliah : PDGK 4304 / Bahasa Inggris untuk guru
SD
SKS :
3 SKS
Nama Pengembang : Dra. Nur Khafifah, M.Hum.
ID Tutor :
41001861
Kompetensi Umum : Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi
lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa
formal maupun tidak formal seperti menjelaskan identitas diri, pekerjaan dan
rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang,
transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dan
sekolah
Kompetensi Khusus : Mahasiswa dapat
menggunakan fungsi bahasa yang digunakan untuk
menjelaskan hubungan keluarga
Pokok Bahasan : Family relationships
Sub Pokok Bahasan : Members
of immediate family
Describing the members of the
family
Extended family
No
|
Tahapan
|
Rincian kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
1.
Mempersiapkan
SAT dan RAT
2.
Menyusun
bahan ajar power point
3.
Menyiapkan
alat peraga
|
||
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Mengabsen mahasiswa
2. Menanyakan tugas tentang silsilah
keluarga
3. Menyampaikan tujuan tutorial
|
Daftar hadir
Tutorial
|
10 menit
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
Pembahasan
materi menggunakan model pembelaja- ran card sort
Langkah
1 : Supervisor memberi
tahu tentang cara pembelajaran dengan
model card sort
Langkah
2 : Tiap Mahasiswa diberi kartu yang bertuliskan kata tentang
keluarga dalam b.indonesia ada yang yang bertuliskan kata tentang
keluarga dalam b.inggris
Langkah
3 : Tiap mahasiswa yang sudah mendapatkan kartu
yang bertuliskan kata tentang keluarga dalam b.indonesia disuruh menjodohkan
dengan kata yang bertuliskan kata tentang keluarga dalam b.inggris
Langkah 4 : mahasiswa
yang sudah mendapatkan kartu yang bertuliskan kata tentang keluarga dalam
b.indonesia disuruh menjodohkan dengan kata yang bertuliskan kata tentang
keluarga dalam b.inggris disuruh mempresentaskan didepan kelas
langkah 5: mengevaluasi jawaban yang salah
|
Modul
Pembelajaran Bahasa Inggris, power point, LCD,
Proyektor, Laptop, kartu yang bertuliskan kata tentang keluarga dalam b.indonesia ada yang yang bertuliskan kata tentang keluarga dalam b.inggris
|
100 menit
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
1. Supervisor
menyampaikan resume orientasi
2. memberi pemantapan
hasil kegiatan selama tutorial
3. Menugaskan tiap mahasiswa untuk mengarang tentang berbicara lewat telepon
|
10 menit
|
SATUAN
ACARA TUTORIAL ( SAT )
Tutorial ke : 4 (empat )
Kode / Nama Mata Kuliah : PDGK 4304 / Bahasa Inggris untuk guru
SD
SKS :
3 SKS
Nama Pengembang : Dra. Nur Khafifah, M.Hum.
ID Tutor :
41001861
Kompetensi Umum : Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi
lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa formal
maupun tidak formal seperti menjelaskan identitas diri, pekerjaan dan
rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang,
transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dan
sekolah
Kompetensi Khusus : Mahasiswa dapat
menggunakan fungsi bahasa yang digunakan untuk menjelaskan waktu termasuk hari,
tanggal bulan, tahun dan musim, dan untuk berkomunikasi melalui telepon
Pokok Bahasan : Telling time and telephone communication
Sub Pokok Bahasan : Telling
the time in minutes and hours, Identify period of time in days, months,
years and season
Telling activities in relation with the time: present continuous
tense, present perfect and present
perfect continuous tense, Telephon communication
No
|
Tahapan
|
Rincian kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
1.
Mempersiapkan
SAT dan RAT
2.
Menyusun
bahan ajar power point
3.
Menyiapkan
alat peraga
|
||
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Mengabsen mahasiswa
2. Memperagakan berbicara lewat telepon
3. Menyampaikan tujuan tutorial
|
Daftar hadir
Tutorial
|
10 menit
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
Pembahasan
materi menggunakan model pembelajaran Jigsaw.
Langkah 1 :
Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota masing-
masing, 4 orang
Langkah 2 : Setiap
anggota kelompok membahas sub materi yang berbeda. Anggota kelompok no 1 membahas present continuous , anggota
kelompok no 2 membahas materi
present perfect tense .
Anggota kelompok no 3 membahas materi present perfect continuous tense.
Anggota kelompok no 4 membahas materi
present tense
Langkah 3 :
Anggota kelompok dengan nomor urut yang sama membentuk kelompok ahli dan
dilanjutkan diskusi
Langkah 4 : Kelompok kecil kembali ke kelompok semula
Langkah 6 : Diskusi
di kelompok semula dilanjutkanPresentasi/ tanya jawab dari kelompok lain
Langkah 7 : Evaluasi
secara individual mengenai materi yang telah dipelajari
|
Modul Pem-
belajaran Bahasa Inggris , power point, LCD, Proyektor,
Laptop,
|
100 menit
|
4
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Supervisor
menyampaikan resume orientasi
2. memberi pemantapan
hasil kegiatan selama tutorial
3. mempersiapkan praktek tentang
shopping in the mall
|
10 menit
|
SATUAN
ACARA TUTORIAL ( SAT )
Tutorial ke : 5 (lima )
Kode / Nama Mata Kuliah : PDGK 4304 / Bahasa Inggris untuk guru
SD
SKS :
3 SKS
Nama Pengembang : Dra. Nur Khafifah, M.Hum.
ID Tutor :
41001861
Kompetensi Umum : Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi
lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa formal
maupun tidak formal seperti menjelaskan identitas diri, pekerjaan dan
rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang,
transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dan
sekolah
Kompetensi Khusus :
Mahasiswa dapat menggunakan bahasa yang berfungsi dalam
situasi: berbelanja keperluan sehari-hari atau makanan, penggunaan uang dalam
berbelanja, dan makan di restoran
Pokok Bahasan
: Food and money
Sub Pokok Bahasan
: 1. Shopping for food:su-permarket
2. Shopping for food: traditional
market
3.
At the restaurant
No
|
Tahapan
|
Rincian kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
1.
Mempersiapkan
SAT dan RAT
2.
Menyusun
bahan ajar power point
3.
Menyiapkan
alat peraga
|
||
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Mengabsen mahasiswa
2. Mempraktekan shopping di mall
3. Menyampaikan tujuan tutorial
|
Daftar hadir
Tutorial
|
10 menit
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
Pembahasan
materi menggunakan praktek langsung tiap kelompok mahasiswa
Langkah
1 : Setiap ketua kelompok mahasiswa disuruh
mengambil nomer undian
Langkah
2 : Mahasiswa mempersiapkan
diri untuk memperagakan shopping
in the mall
Langkah 3
: Setiap kelompok mahasiswa mempresenta sikan shopping in the mall
Langkah 4 : konfirmasi/
kesimpulan
Langkah 5 : evaluasi secara kelompok mengenai materi yang telah
dipelajari
|
Modul
Pembelajaran Bahasa Inggris, power point, LCD,
Proyektor, Laptop, hp
|
100 menit
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
1. Supervisor
menyampaikan resume orientasi
2. memberi pemantapan
hasil kegiatan selama tutorial
3. mempersiapkan praktek dialog tentang
memberi arah dalam bahasa Inggris
|
10 menit
|
SATUAN ACARA TUTORIAL ( SAT )
Tutorial ke : 6 (enam )
Kode / Nama Mata Kuliah : PDGK 4304 / Bahasa Inggris untuk guru
SD
SKS :
3 SKS
Nama Pengembang : Dra. Nur Khafifah, M.Hum.
ID Tutor :
41001861
Kompetensi Umum : Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi
lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa
formal maupun tidak formal seperti menjelaskan identitas diri, pekerjaan dan
rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang,
transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dan
sekolah
Kompetensi Khusus :
Mahasiswa dapat menggunakan fungsi bahasa untuk berkomunikasi tentang
transportasi, baik transportasi lokal maupun luar kota.
Pokok Bahasan
: transportation
Sub Pokok Bahasan
: 1. Local
transportation 2. Asking for and giving direction 3.
Out-of-town transportation
No
|
Tahapan
|
Rincian kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
1.
Mempersiapkan
SAT dan RAT
2.
Menyusun
bahan ajar power point
3.
Menyiapkan
alat peraga
|
||
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Mengabsen mahasiswa
2. Memperagakan praktek dialog tentang
memberi arah dalam bahasa Inggris
3. Menyampaikan
tujuan tutorial
|
Daftar hadir
Tutorial
|
10 menit
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
Pembahasan materi menggunakan model
pembe lajaran Tim Quiz
Langkah
1 : Mahasiswa dibagi
menjadi beberapa kelompok A,B,C dan D dengan anggota
masing- masing, 4 orang
Langkah
2 : kelompok A membuat pertanyaan yang akan ditanyakan
dengan kelompok B, C,dan D. kelompok B,C dan D melihat catatan lagi untuk
memper siapkan jawaban yang akan ditanyakan
Langkah 3 : kelompok A sebagai pemimpin kelompok
membagi tugas masing masing anggota ada yang sebagai pemba ca soal, pencatat
waktu ,pembaca skor dan ada yang sebagai pengamat jalanya Tim Quiz
Langkah 4
: Kelompok A memberi pertanyaan kepada kelompok B bila kelompok B
tidak bisa menjawab dilempar ke kelompok C, bila kelompok C tidak bisa
menjawab dilempar ke kelompok D dan seterusnya.
Langkah 5
: Kelompok A membacakan hasil Tim Quiz dan yang terbaik
mendapatkan hadiah.
Langkah 6 :
Evaluasi bagi yang jawabannya salah
|
Modul Pembelajaran B. Inggris, power point, LCD,
Proyektor, Laptop, kartu identitas grup A,B,C dan D
|
100 menit
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
1.Supervisor
menyampaikan resume orientasi
2. memberi pemantapan
hasil kegiatan selama tutorial
3. mempersiapkan praktek dialog tentang
hobby dalam bahasa Inggris
|
10 menit
|
SATUAN
ACARA TUTORIAL ( SAT )
Tutorial ke : 7 (tujuh )
Kode / Nama Mata Kuliah : PDGK 4304 / Bahasa Inggris untuk guru
SD
SKS :
3 SKS
Nama Pengembang : Dra. Nur Khafifah, M.Hum.
ID Tutor : 41001861
Kompetensi Umum : Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi
lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa
formal maupun tidak formal seperti menjelaskan identitas diri, pekerjaan dan
rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang,
transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dan
sekolah
Kompetensi Khusus : Mahasiswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk
menjelaskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam waktu luang
Pokok Bahasan
: Leasure activities
Sub Pokok Bahasan
: 1. Sports and hobbies 2. What sports are good for kids?
No
|
Tahapan
|
Rincian kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
1.
Mempersiapkan
SAT dan RAT
2.
Menyusun
bahan ajar power point
3.
Menyiapkan
alat peraga
|
||
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Mengabsen mahasiswa
2. Mempraktekan dialog tentang hobby
3. Menyampaikan tujuan tutorial
|
Daftar hadir
Tutorial
|
10 menit
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
Pembahasan materi menggunakan model pembelajaran cart sort
Langkah
1 :
Supervisor
memberi tahu tentang cara pembelajaran dengan model cart sort
Langkah
2 :
Tiap Mahasiswa diberi kartu berbentuk gambar-gambar tentang olah raga dan ada juga
yang berbentuk tulisan tentang olah raga dalam b.inggis
Langkah 3
:
a. Tiap
mahasiswa yang sudah mendapatkan kartu gambar-gambar tentang olah raga dan ada juga yang berbentuk tulisan
tentang olah raga dalam b.inggis
b. disuruh
menjodohkan dengan kata dalam B. Inggris didepan kelas
Langkah 4 :
Evaluasi bagi kelompok
yang jawabannya salah
|
Modul
Pembelajaran Bahasa Inggris, power point, LCD,
Proyektor, Laptop,kartu yang berbentuk gambar-gambar tentang olah raga dan ada juga yang berbentuk tulisan
tentang olah raga dalam b.inggis
|
100 menit
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
1. Supervisor
menyampaikan resume orientasi
2. memberi pemantapan
hasil kegiatan selama tutorial
3. mempersiapkan praktek dialog
tentang clothing dalam bahasa Inggris
|
10 menit
|
SATUAN
ACARA TUTORIAL ( SAT )
Tutorial ke : 8 (delapan )
Kode / Nama Mata Kuliah : PDGK 4304 / Bahasa Inggris untuk guru
SD
SKS :
3 SKS
Nama Pengembang : Dra. Nur Khafifah, M.Hum.
ID Tutor :
41001861
Kompetensi Umum : Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi
lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa
formal maupun tidak formal seperti menjelaskan identitas diri, pekerjaan dan
rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang,
transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dan
sekolah
Kompetensi Khusus : Mahasiswa dapat menggunakan
ungkapan-untuk menjelaskan tentang pakaian dan bahan pakaian dan
perlunya sekolah dan belajar
Pokok Bahasan : Clothing and fabrics
Schooling and learning
Sub Pokok Bahasan : 1. Clothes: what do we wear everyday? 2. Buying clothes: cash or credit? 3.Having a complaint
4. Why schooling is important for children 5. The necessity of compulsory
education 6.Learning: what and how?
Concept and discussion
No
|
Tahapan
|
Rincian kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
1.
Mempersiapkan
SAT dan RAT
2.
Menyusun
bahan ajar power point
3.
Menyiapkan
alat peraga
|
||
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Mengabsen mahasiswa
2. Memprkatekan dialog tentang clothing
3. Menyampaikan tujuan tutorial
|
Daftar hadir
Tutorial
|
10 menit
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
Pembahasan materi menggunakan model pembelajaran cart sort
Langkah
1 : Supervisor memberi
tahu tentang cara pembelajaran dengan model cart sort
Langkah
2 : Tiap Mahasiswa diberi kartu berisis kalimat tentang jenis-jenis pakaian
dan ada yang diberi gambar
tentang jenis-jenis pakaian
Langkah 3 : Tiap
mahasiswa yang sudah mendapatkan kartu
berisis kalimat tentang jenis-jenis pakaian disuruh menjodohkan gambar tentang jenis-jenis pakaian rumus
didepan kelas
Langkah
4 : Evaluasi bagi yang jawabannya
salah evaluasi secara individual
mengenai materi yang telah dipelajari
|
Modul Pembela jaran B. Inggris, power point, LCD, Proyektor, Laptop,kartu yang berisi kalimat kalimat tentang jenis-jenis pakaian dan ada yang gambar tentang jenis-jenis pakaian
|
100 menit
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
1. Supervisor
menyampaikan resume orientasi
2. memberi pemantapan
hasil kegiatan selama tutorial
3. mempersiapkan ujian akhir
|
0 komentar:
Posting Komentar