Pages

Minggu, 21 Oktober 2012

RAT DAN SAT B.INGGRIS UNTUK SD SEM 6


RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL
(RAT)

Nama Mata kuliah                               :   Bahasa Inggris
Kode Mata Kuliah / SKS                    :   PGSD 4105  / 3 SKS
Nama Pengembang                             :   Dra. Nur Khafifah, M.Hum
ID Tutor                                              :  41001861
Semester                                              :   2 (Dua)
Masa Registrasi                                   :   2012.2
Deskripsi Singkat Mata Kuliah          :  Mata kuliah ini membahas tentang Personal information and introduction, jobs and routines, family relationships, telling time and telephone
                                                              communication, food and maoney, transportation, leisure activities, clothing and fabrics, learning and schooling.
Kompetensi Umum                            :  Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa inggris dengan menggunakan bahasa formal maupun
                                                              tidak  formal seperti menjalankan identitas diri, pekerjaan dan rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang,
                                                         transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dari sekolah.


NO

Kompetensi Khusus
Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Model Tutorial
Tugas Tutorial dan
Bobot Nilai
Estimasi Waktu

Dafttar Pustaka
Tutorial Ke
1






2





3





4









5





6





7






8





Mahasiswa dapat menggu nakan ungkapan2 untuk memberi salam dan memper kenalkan diri sendiri dan orang lain yang meliputi nama, alamat nomor tele pon, tempat dan tanggal lahir  (umur) suku bangsa atau kebangsaan, pendidi kan, dan status perkawinan

Mahasiswa dapat menggunakan fungsi bahasa yang digunakan untuk menjelas pelajaran dan rutinitas sehari-hari dalam bentuk simple present tense, past tense, dan future tense

Mahasiswa dapat menggunakan fungsi bahasa yang digunakan untuk menjelaskan hubungan keluarga





Mahasiswa dapat menggunakan fungsi bahasa yang digunakan untuk menjelaskan waktu termasuk hari, tanggal bulan, tahun dan musim, dan untuk berkomunikasi melalui telepon




Mahasiswa dapat menggunakan bahasa yang berfungsi dalam situasi: berbelanja keperluan sehari-hari atau makanan, penggunaan uang dalam berbelanja, dan makan di restoran


Mahasiswa dapat menggunakan fungsi bahasa untuk berkomunikasi tentang transportasi, baik transportasi lokal maupun luar kota.



Mahasiswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menjelaskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam waktu luang





Mahasiswa dapat menggunakan ungkapan-untuk menjelaskan tentang pakaian dan bahan pakaian dan perlunya sekolah dan belajar

Personal information dan Introduction





Jobs and routines 




Family relationships





Telling time and telephone communication







Food and money





transportation






Leasure activities








·   Clothing and fabrics
·   Schooling and learning




·      Greetings  (myself)
·      Give self identification dan personal information
·      Introduction oneself and others
·      States of being/feeling


·       Jobs (professions)
·       Daily routines




·       Members of immediate family
·       Describing the mem bers of the family
·       Extended family



·      Telling the time in minutes and hours
·      Identify period of time in days, months, years and season
·      Telling activities in relation with the time: present continuous tense, present perfect and present perfect continuous tense,
·      Telephon communi cation

·       Shopping for food:su-permarket
·       Shopping for food: traditional market
·       At the restaurant



·      Local transportation
·      Asking for and giving direction
·      Out-of-town transportation



·       Sports and hobbies
·        What sports are good for kids?





·   Clothes: what do we wear everyday?
·    Buying clothes: cash or credit?
·   Having a complaint
·   Why schooling is important for children
·   The necessity of compulsory education
·                     Learning: what and how? Concept and discussion
Praktek







Index card match




Card sort






jigsaw










Praktek







Tim Quiz






Card sort







Card match sort














Tugas I:
Mengarang kegiatan sehari-hari dalam B.inggris
Bobot nilai 70 - 100












Tugas II
Membuat silsilah keluarga dalam bahasa Inggris
Bobot nilai 70 -100











Tugas III
Membuat karangan dalam bentuk daftar menu
Bobot nilai 70 - 100


120 menit







120
menit




120 menit






120 menit







120 menit






120 menit





120 menit






120 menit





·      Darminah,Susu Dwi Antoro,Yan Haryanto  2011, B.  Inggris untuk guru SD, Jakarta, pener bit Universitas terbuka
·      Hasan Sadhli
Kamus B. Inggris



·      Darminah,Susu Dwi Antoro,Yan Haryanto  2011, B.  Inggris untuk guru SD, Jakarta, pener bit Universitas terbuka
·      Hasan Sadhli
Kamus B. Inggris

·      Darminah,Susu Dwi Antoro,Yan Haryanto  2011, B.  Inggris untuk guru SD, Jakarta, pener bit Universitas terbuka
·      Hasan Sadhli
Kamus B. Inggris


·      Darminah,Susu Dwi Antoro,Yan Haryanto  2011, B.  Inggris untuk guru SD, Jakarta, pener bit Universitas terbuka
·      Hasan Sadhli
Kamus B. Inggris






·      Darminah,Susu Dwi Antoro,Yan Haryanto  2011, B.  Inggris untuk guru SD, Jakarta, pener bit Universitas terbuka
·      Hasan Sadhli
Kamus B. Inggris


·      Darminah,Susu Dwi Antoro,Yan Haryanto  2011, B.  Inggris untuk guru SD, Jakarta, pener bit Universitas terbuka
·      Hasan Sadhli
Kamus B. Inggris


·      Darminah,Susu Dwi Antoro,Yan Haryanto  2011, B.  Inggris untuk guru SD, Jakarta, pener bit Universitas terbuka
·      Hasan Sadhli
Kamus B. Inggris



·      Darminah,Susu Dwi Antoro,Yan Haryanto  2011, B.  Inggris untuk guru SD, Jakarta, pener bit Universitas terbuka
·      Hasan Sadhli
Kamus B. Inggris







1






2





3






4








5





6






7





8











PETA KOMPETENSI
Pendidikan Bahasa Inggris untuk Guru SD/PDGK 4105/3 sks
TIU 2
Mahasiswa diharapkan  dapat menggunakan fungsi bahasayang digunakan untuk menjelaskan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari dalam bentuk simple present tense, past tense dan future tense
TIU 4
Mahasiswa diharapkan  dapat menggunakan fungsi bahasayang digunakan untuk menjelaskan waktu termasuk hari, tanggal bulan, tahun dan musim, dan untuk berkomunikasi melalui telepon

TIU 6
Mahasiswa diharapkan  dapat menggunakan fungsi bahasa yang untuk berkomunikasi tentang transportasi, baik transportasi lokal, maupun luar kota
  
TIU Mata Kuliah: setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan dapat berkomunikasi lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa inggris dengan menggunakan bahasa formal maupun tidak formal seperti menjelaskan identitas diri, pekerjaan dan rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang, transportasi, waktu sanatai, jenis-jenis pakaian dan bahan dan belajar dan sekolah
  
Mahasiswa diharapkan  dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menjelaskan perlunya sekolah dan belajar
  
Mahasiswa diharapkan  dapat menggunakan ungkapan untuk menjelaskan tentang  pakaian dan bahan pakaian
  
Mahasiswa diharapkan  dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menjelaskan kegiatan kegiatan yang dilakukan dalama waktu luang
TIU 1
Mahasiswa  diharapkan dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk memberi salam dan memperkenalkan diri sendiri dan orang lain yang meliputi nama, alamat, nomor telepon, tempat & tanggal lahir (umur), suku bangsa atau kebangsaan, pendidikan dan status perkawinan
TIU 5
Mahasiswa diharapkan  dapat menggunakan bahasa yang berfungsi dalam situasi: berbelanja keperluan sehari-hari atau makanan, penggunaan uang dalam berbelanja dan makan di restoran
TIU 3
Mahasiswa diharapkan  dapat menggunakan fungsi bahasa yang digunakan untuk menjelaskan  hubungan keluarga

SATUAN ACARA TUTORIAL  ( SAT )
Tutorial ke                               :    1 (satu )
Kode  / Nama Mata Kuliah     :    PDGK 4304 / Bahasa Inggris  untuk guru SD
SKS                                         :    3   SKS
Nama Pengembang                 :    Dra. Nur Khafifah, M.Hum.
ID Tutor                                  :    41001861
Kompetensi Umum               :   Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa formal maupun tidak formal seperti menjelaskan identitas diri, pekerjaan dan rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang, transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dan sekolah
Kompetensi Khusus             :  Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi lisan maupun tulis  sederhana dalam bahasa inggris dengan menggunakan bahasa formal maupun     tidak formal seperti menjalankan identitas diri, pekerjaan dan rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang, transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dari sekolah.
Pokok Bahasan                       :   Personal information dan Introduction
Sub Pokok Bahasan                :
1.    Greeting (myself)
2.    Give self identification dan personal information
3.    Introduction oneself and others
4.    States of being/feeling
NO
Tahapan
Rincian kegiatan
Media
Waktu
1
Persiapan Tutorial
1.    Mempersiapkan SAT dan RAT
2.    Menyusun bahan ajar power point
3.    Menyiapkan alat peraga



2
Kegiatan Pendahuluan
1.    Mengabsen mahasiswa
2.    Memperkenalkan identitas diri
3.    Menyampaikan tujuan tutorial
Daftar hadir Tutorial
10 menit
3
Kegiatan Penyajian

1.     Pemaparan prosedur  Introduction dengan cara mempraktekaknya di depan kelas.
2.     Mempraktekan introduction secara individu dengan menggunakan speaker active dan Mic
3.     Mempraktekkan dialog introduction lewat telepon
4.     Mengevaluasi dialog introduction yang salah
Modul Pembelajaran Bahasa Inggris, power point, LCD Proyektor, Laptop
Speaker active, Mic
100 menit
4
Kegiatan Penutup
1. Supervisor menyampaikan resume  orientasi
2. memberi pemantapan hasil kegiatan   selama  tutorial
3. Menugaskan tiap mahasiswa untuk mengarang kegiatan sehari-hari dengan b.inggris  

10 menit

SATUAN ACARA TUTORIAL  ( SAT )

Tutorial ke                               :    2 (Dua )
Kode  / Nama Mata Kuliah     :    PDGK 4304 / Bahasa Inggris  untuk guru SD
SKS                                         :    3   SKS
Nama Pengembang                 :    Dra. Nur Khafifah, M.Hum.
ID Tutor                                  :    41001861
Kompetensi Umum                 :  Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa formal maupun tidak formal seperti menjelaskan identitas diri, pekerjaan dan rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang, transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dan sekolah
Kompetensi Khusus                 : Mahasiswa dapat menggunakan fungsi bahasa yang digunakan untuk menjelas pelajaran dan rutinitas sehari-hari dalam bentuk simple present tense, past tense, dan future tense
Pokok Bahasan                         :   Jobs and routines 
Sub Pokok Bahasan                 :  1. Jobs (professions)     2.   Daily routines
No
Tahapan
Rincian kegiatan
Media
Waktu
1
Persiapan Tutorial
1.    Mempersiapkan SAT dan RAT
2.    Menyusun bahan ajar power point
3.    Menyiapkan alat peraga


2
Kegiatan Pendahuluan
1.    Mengabsen mahasiswa
2.    Menanyakan tugas kegiatan rutinitas dalam b inggris
3.    Menyampaikan tujuan tutorial
Daftar hadir Tutorial
10 menit
3
Kegiatan Penyajian

Pembahasan materi menggunakan model pembelajaran index card match
Langkah  1  : Supervisor memberi tahu tentang cara pembelajaran dengan model index card match
 Langkah 2  :  Tiap Mahasiswa ada yang diberi kartu bertuliskan present, past, future tense ada yang diberi kartu yang bertuliskan kalimat tentang present,past, future tense .
Langkah 3  : Tiap mahasiswa saling mencari pasangan antara kartu yang bertuliskan dengan present, past, future  tense ada yang diberi kartu yang bertuliskan kalimat tentang present,past, future tense .
Langkah 4  :  Mahasiswa yang sudah mendapatkan pasanganya kemudian mempresentasikan dengan kalimat tentang present,past, future tense dan menyebutkan satu persatu
Langkah 5  :  Evaluasi bagi yang jawabannya salah
Modul Pembelajaran Bahasa Inggris , power point LCD, Proyektor, Laptop, kartu present, past, future tense ada yang diberi kartu yang bertuliskan kalimat tentang present,past, future tense
100 menit
4
Kegiatan Penutup
1. Supervisor menyampaikan resume orientasi
2. memberi pemantapan hasil kegiatan selama  tutorial
3. Menugaskan tiap mahasiswa untuk membuat silsilah keluarga dengan b.inggris  

10 menit

SATUAN ACARA TUTORIAL ( SAT )
Tutorial ke                               :    3 (Tiga )
Kode  / Nama Mata Kuliah     :    PDGK 4304 / Bahasa Inggris  untuk guru SD
SKS                                         :    3   SKS
Nama Pengembang                 :    Dra. Nur Khafifah, M.Hum.
ID Tutor                                  :    41001861
Kompetensi Umum                 :  Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa formal maupun tidak formal seperti menjelaskan identitas diri, pekerjaan dan rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang, transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dan sekolah
Kompetensi Khusus               :  Mahasiswa dapat menggunakan fungsi bahasa yang digunakan untuk   menjelaskan hubungan keluarga
Pokok Bahasan                       :   Family relationships
Sub Pokok Bahasan                :   Members of immediate family
    Describing the members of the family
                                              Extended family

No
Tahapan
Rincian kegiatan
Media
Waktu
1
Persiapan Tutorial
1.    Mempersiapkan SAT dan RAT
2.    Menyusun bahan ajar power point
3.    Menyiapkan alat peraga


2
Kegiatan Pendahuluan
1.    Mengabsen mahasiswa
2.    Menanyakan tugas tentang silsilah keluarga
3.    Menyampaikan tujuan tutorial
Daftar hadir Tutorial
10 menit
3
Kegiatan Penyajian

Pembahasan materi menggunakan model pembelaja- ran card sort
Langkah  1  : Supervisor memberi tahu tentang cara pembelajaran dengan model card sort
 Langkah 2  :  Tiap Mahasiswa  diberi kartu yang bertuliskan kata tentang keluarga dalam b.indonesia ada yang yang bertuliskan kata tentang keluarga dalam b.inggris
 Langkah 3  :  Tiap mahasiswa yang sudah mendapatkan kartu yang bertuliskan kata tentang keluarga dalam b.indonesia disuruh menjodohkan dengan kata yang bertuliskan kata tentang keluarga dalam b.inggris
Langkah 4  :  mahasiswa yang sudah mendapatkan kartu yang bertuliskan kata tentang keluarga dalam b.indonesia disuruh menjodohkan dengan kata yang bertuliskan kata tentang keluarga dalam b.inggris disuruh mempresentaskan didepan kelas
langkah 5:    mengevaluasi jawaban yang salah
Modul Pembelajaran Bahasa Inggris, power point, LCD, Proyektor, Laptop, kartu yang bertuliskan kata tentang keluarga dalam b.indonesia ada yang yang bertuliskan kata tentang keluarga dalam b.inggris
100 menit
4
Kegiatan Penutup
1. Supervisor menyampaikan resume orientasi
2. memberi pemantapan hasil kegiatan selama  tutorial
3. Menugaskan tiap mahasiswa untuk mengarang tentang berbicara lewat telepon  

10 menit

SATUAN ACARA TUTORIAL ( SAT )
Tutorial ke                               :    4 (empat )
Kode  / Nama Mata Kuliah     :    PDGK 4304 / Bahasa Inggris  untuk guru SD
SKS                                         :    3   SKS
Nama Pengembang                 :    Dra. Nur Khafifah, M.Hum.
ID Tutor                                  :    41001861
Kompetensi Umum                 :  Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa formal maupun tidak formal seperti menjelaskan identitas diri, pekerjaan dan rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang, transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dan sekolah
Kompetensi Khusus                :  Mahasiswa dapat menggunakan fungsi bahasa yang digunakan untuk menjelaskan waktu termasuk hari, tanggal bulan, tahun dan musim, dan untuk berkomunikasi melalui telepon
Pokok Bahasan                       :   Telling time and telephone communication
Sub Pokok Bahasan                :   Telling the time in minutes and hours,     Identify period of time in days, months, years and season
    Telling activities in relation with the time: present continuous tense,   present perfect and present perfect continuous tense,  Telephon communication
No
Tahapan
Rincian kegiatan
Media
Waktu
1
Persiapan Tutorial
1.    Mempersiapkan SAT dan RAT
2.    Menyusun bahan ajar power point
3.    Menyiapkan alat peraga


2
Kegiatan Pendahuluan
1.    Mengabsen mahasiswa
2.    Memperagakan berbicara lewat telepon
3.    Menyampaikan tujuan tutorial
Daftar hadir Tutorial
10 menit
3
Kegiatan Penyajian

Pembahasan materi menggunakan model pembelajaran Jigsaw.
Langkah  1  : Mahasiswa dibagi menjadi  beberapa kelompok dengan anggota masing- masing, 4 orang  
Langkah 2   :  Setiap anggota kelompok  membahas sub materi yang berbeda. Anggota kelompok no 1 membahas present continuous , anggota kelompok no 2 membahas materi present perfect tense . Anggota kelompok  no 3 membahas materi present perfect continuous tense. Anggota kelompok no 4 membahas materi present tense
Langkah 3  : Anggota kelompok dengan nomor urut yang sama membentuk kelompok ahli dan dilanjutkan diskusi
Langkah 4  : Kelompok kecil kembali ke kelompok semula
Langkah 6  : Diskusi di kelompok semula dilanjutkanPresentasi/ tanya jawab dari  kelompok lain
Langkah 7  : Evaluasi secara individual mengenai materi yang telah dipelajari 
Modul Pem- belajaran Bahasa Inggris , power point, LCD, Proyektor, Laptop,
100 menit
4
Kegiatan Penutup
1. Supervisor menyampaikan resume orientasi
2. memberi pemantapan hasil kegiatan selama  tutorial
3. mempersiapkan praktek tentang shopping in the mall  

10 menit

SATUAN ACARA TUTORIAL ( SAT )

Tutorial ke                               :    5 (lima )
Kode  / Nama Mata Kuliah     :    PDGK 4304 / Bahasa Inggris  untuk guru SD
SKS                                         :    3   SKS
Nama Pengembang                 :    Dra. Nur Khafifah, M.Hum.
ID Tutor                                  :    41001861
Kompetensi Umum                 :  Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa formal maupun tidak formal seperti menjelaskan identitas diri, pekerjaan dan rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang, transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dan sekolah
Kompetensi Khusus               :   Mahasiswa dapat menggunakan bahasa yang berfungsi dalam situasi: berbelanja keperluan sehari-hari atau makanan, penggunaan uang dalam berbelanja, dan makan di restoran
Pokok Bahasan                       :   Food and money
Sub Pokok Bahasan                :   1. Shopping for food:su-permarket
    2. Shopping for food: traditional market
    3. At the restaurant
No
Tahapan
Rincian kegiatan
Media
Waktu
1
Persiapan Tutorial
1.    Mempersiapkan SAT dan RAT
2.    Menyusun bahan ajar power point
3.    Menyiapkan alat peraga



2
Kegiatan Pendahuluan
1.    Mengabsen mahasiswa
2.    Mempraktekan shopping di mall
3.    Menyampaikan tujuan tutorial

Daftar hadir Tutorial
10 menit
3
Kegiatan Penyajian

Pembahasan materi menggunakan praktek langsung tiap kelompok mahasiswa
Langkah  1  : Setiap ketua kelompok mahasiswa disuruh mengambil nomer undian
 Langkah 2  :  Mahasiswa mempersiapkan diri untuk memperagakan shopping in the mall
Langkah 3  :  Setiap kelompok mahasiswa mempresenta sikan shopping in the mall
Langkah 4  :  konfirmasi/ kesimpulan
Langkah 5  :   evaluasi secara kelompok mengenai materi yang telah dipelajari 

Modul Pembelajaran Bahasa Inggris, power point, LCD, Proyektor, Laptop, hp
100 menit
4
Kegiatan Penutup
1. Supervisor menyampaikan resume orientasi
2. memberi pemantapan hasil kegiatan selama  tutorial
3. mempersiapkan praktek dialog tentang memberi arah dalam bahasa Inggris  


10 menit
SATUAN ACARA TUTORIAL ( SAT )
Tutorial ke                               :    6 (enam )
Kode  / Nama Mata Kuliah     :    PDGK 4304 / Bahasa Inggris  untuk guru SD
SKS                                         :    3   SKS
Nama Pengembang                 :    Dra. Nur Khafifah, M.Hum.
ID Tutor                                  :    41001861
Kompetensi Umum                 :  Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa formal maupun tidak formal seperti menjelaskan identitas diri, pekerjaan dan rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang, transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dan sekolah
Kompetensi Khusus               :  Mahasiswa dapat menggunakan fungsi  bahasa untuk berkomunikasi tentang transportasi, baik transportasi lokal maupun luar kota.
Pokok Bahasan                       :   transportation
Sub Pokok Bahasan                :  1. Local transportation         2.    Asking for and giving direction       3.   Out-of-town transportation
No
Tahapan
Rincian kegiatan
Media
Waktu
1
Persiapan Tutorial
1.    Mempersiapkan SAT dan RAT
2.    Menyusun bahan ajar power point
3.    Menyiapkan alat peraga


2
Kegiatan Pendahuluan
1.    Mengabsen mahasiswa
2.    Memperagakan praktek dialog tentang memberi arah dalam bahasa Inggris
3.     Menyampaikan tujuan tutorial
Daftar hadir Tutorial
10 menit
3
Kegiatan Penyajian

 Pembahasan materi menggunakan model pembe  lajaran Tim Quiz
Langkah  1  : Mahasiswa dibagi menjadi  beberapa kelompok A,B,C dan D dengan anggota masing- masing, 4 orang
 Langkah 2  : kelompok  A membuat pertanyaan yang akan ditanyakan dengan kelompok B, C,dan D. kelompok B,C dan D melihat catatan lagi untuk memper siapkan jawaban yang akan ditanyakan
Langkah 3  : kelompok A sebagai pemimpin kelompok membagi tugas masing masing anggota ada yang sebagai pemba ca soal, pencatat waktu ,pembaca skor dan ada yang sebagai pengamat jalanya Tim Quiz
 Langkah 4  : Kelompok A memberi pertanyaan kepada kelompok B bila kelompok B tidak bisa menjawab dilempar ke kelompok C, bila kelompok C tidak bisa menjawab dilempar ke kelompok D dan seterusnya.
Langkah 5  : Kelompok A membacakan hasil Tim Quiz dan yang terbaik mendapatkan hadiah.
Langkah 6  : Evaluasi bagi yang jawabannya salah

Modul Pembelajaran B. Inggris, power point, LCD, Proyektor, Laptop, kartu identitas grup A,B,C dan D
100 menit
4
Kegiatan Penutup
1.Supervisor menyampaikan resume orientasi
2. memberi pemantapan hasil kegiatan selama  tutorial
3. mempersiapkan praktek dialog tentang hobby dalam bahasa Inggris  

10 menit
SATUAN ACARA TUTORIAL ( SAT )
Tutorial ke                               :    7 (tujuh )
Kode  / Nama Mata Kuliah     :    PDGK 4304 / Bahasa Inggris  untuk guru SD
SKS                                         :    3   SKS
Nama Pengembang                 :    Dra. Nur Khafifah, M.Hum.
ID Tutor                                  :    41001861
Kompetensi Umum                 :  Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa formal maupun tidak formal seperti menjelaskan identitas diri, pekerjaan dan rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang, transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dan sekolah
Kompetensi Khusus               :   Mahasiswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menjelaskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam waktu luang
Pokok Bahasan                       :   Leasure activities
Sub Pokok Bahasan                :  1.  Sports and hobbies                2.    What sports are good for kids?
No
Tahapan
Rincian kegiatan
Media
Waktu
1
Persiapan Tutorial
1.    Mempersiapkan SAT dan RAT
2.    Menyusun bahan ajar power point
3.    Menyiapkan alat peraga


2
Kegiatan Pendahuluan
1.    Mengabsen mahasiswa
2.    Mempraktekan dialog tentang hobby
3.    Menyampaikan tujuan tutorial
Daftar hadir Tutorial
10 menit
3
Kegiatan Penyajian

 Pembahasan materi menggunakan model pembelajaran cart sort
Langkah  1  :
Supervisor memberi tahu tentang cara pembelajaran dengan model cart sort
 Langkah 2  :
Tiap Mahasiswa  diberi kartu berbentuk gambar-gambar tentang olah raga dan ada juga yang berbentuk tulisan tentang olah raga dalam b.inggis
Langkah 3  :
a.    Tiap mahasiswa yang sudah mendapatkan kartu gambar-gambar tentang olah raga dan ada juga yang berbentuk tulisan tentang olah raga dalam b.inggis
b.   disuruh menjodohkan dengan kata dalam B. Inggris didepan kelas    
Langkah 4  :
Evaluasi bagi kelompok yang jawabannya salah
Modul Pembelajaran Bahasa Inggris, power point, LCD, Proyektor, Laptop,kartu yang berbentuk gambar-gambar tentang olah raga dan ada juga yang berbentuk tulisan tentang olah raga dalam b.inggis
100 menit
4
Kegiatan Penutup
1. Supervisor menyampaikan resume orientasi
2. memberi pemantapan hasil kegiatan selama  tutorial
3. mempersiapkan praktek dialog tentang   clothing dalam bahasa Inggris  


10 menit
SATUAN ACARA TUTORIAL ( SAT )

Tutorial ke                               :    8 (delapan )
Kode  / Nama Mata Kuliah     :    PDGK 4304 / Bahasa Inggris  untuk guru SD
SKS                                         :    3   SKS
Nama Pengembang                 :    Dra. Nur Khafifah, M.Hum.
ID Tutor                                  :    41001861
Kompetensi Umum                 :  Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi lisan maupun tulis sederhana dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa formal maupun tidak formal seperti menjelaskan identitas diri, pekerjaan dan rutinitas, hubungan keluarga, berkomunikasi melalui telepon, makanan dan uang, transportasi, waktu santai, jenis-jenis pakaian dan bahan, dan belajar dan sekolah
Kompetensi Khusus               :   Mahasiswa dapat menggunakan  ungkapan-untuk menjelaskan tentang pakaian dan bahan pakaian dan perlunya sekolah dan belajar
Pokok Bahasan                       :   Clothing and fabrics
    Schooling and learning
Sub Pokok Bahasan               :   1. Clothes: what do we wear everyday?                   2. Buying clothes: cash or credit?                          3.Having a complaint
   4. Why schooling is important for children             5. The necessity of compulsory education       6.Learning: what and how? Concept and discussion

No
Tahapan
Rincian kegiatan
Media
Waktu
1
Persiapan Tutorial
1.    Mempersiapkan SAT dan RAT
2.    Menyusun bahan ajar power point
3.    Menyiapkan alat peraga


2
Kegiatan Pendahuluan
1.    Mengabsen mahasiswa
2.    Memprkatekan dialog tentang clothing
3.    Menyampaikan tujuan tutorial
Daftar hadir Tutorial
10 menit
3
Kegiatan Penyajian
 Pembahasan materi menggunakan model pembelajaran cart sort
Langkah  1  : Supervisor memberi tahu tentang cara pembelajaran dengan model cart sort
 Langkah 2  :  Tiap Mahasiswa  diberi kartu berisis  kalimat tentang jenis-jenis pakaian  dan ada yang diberi gambar tentang jenis-jenis pakaian
Langkah 3  : Tiap mahasiswa yang sudah mendapatkan kartu  berisis  kalimat tentang jenis-jenis pakaian  disuruh  menjodohkan gambar tentang jenis-jenis pakaian rumus didepan kelas   
Langkah 4  : Evaluasi bagi yang jawabannya salah evaluasi secara individual mengenai materi yang telah dipelajari 
Modul Pembela jaran B. Inggris, power point, LCD, Proyektor, Laptop,kartu yang berisi kalimat kalimat tentang jenis-jenis pakaian  dan ada yang gambar tentang jenis-jenis pakaian
100 menit
4
Kegiatan Penutup
1. Supervisor menyampaikan resume orientasi
2. memberi pemantapan hasil kegiatan selama  tutorial
3. mempersiapkan ujian akhir  






















0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About